Friday, October 9, 2009

Neraca : Balance Sheet

Info seputar akuntansi. Neraca : Balance Sheet. Pada kesempatan ini informasi seputar akuntansi sebagai blog berbagi informasi atau pengetahuan memberikan info seputar akuntansi, khususnya Neraca ( Balance Sheet ) merupakan salah satu bagian atau elemen dari laporan keuangan yang memberikan informasi tentang Aktiva kekayaan (asset) dan Pasiva yang terdiri dari hutang atau kewajiban ( Liability) serta modal ( Capital ) yang digunakan oleh perusahan untuk mencapai tujuan perusahan dan juga sebagai simbol keadaan pisik suatu perusahaan.

Ketiga elemen yang terdapat di dalam neraca yaitu :
  1. Aktiva
  2. Hutang
  3. Modal
Aktiva : merupakan kekayan yang dikuasi oleh perusahan dan digunakan untuk operasional perusahan untuk mencapai tujuan perusahan dimana aktiva terdiri dari :
  • Aktiva lancar : aktiva yang digunakan oleh perusahan dalam jangka satu tahun
  • Aktiva tetap berwujud : aktiva yang umur penggunanyan lebih dari satu tahun digunakan untuk menunjang operasi perusahan dan memiliki bentuk pisik seperti : gedung, tanah peralatan dan kendaraan.
  • Aktiva tetap tak berwujud : meliputi paten, hak cipta dan goodwill
Hutang atau Kewaiban : suatu jumlah yang harus dibayar atau dilunasi oleh perusahan dengan menggunakan kekayaan perusahan kepada pihak diluar pemilik. Hutang terdiri dari 2 ayitu :
  • Hutang Lancar atau jangka pendek : Kewajiban yang harus dilunasi dalan jangka waktu satu tahun atau kurang dalam satu tahun, seperti hutang dagang, hutang wesel dll
  • Hutang Jangka panjang : Kewajiban yang jangka waktu pelunasanya lebih dari satu tahun, seperti Hutang Hipotek, hutang obligasi dll
Modal : merupakan suatu jumlah yang disetorkan ke perusahan yang digunaka untuk operasi perusahan tersebut

Dengan membaca laporan posisi keuangan atau neraca suatu perusahan kita mendapat gambaran secara lengkap tentang kondisi perusahan pada saat tertentu tampa harus melihat secara langsung perusahan tersebut.

Pemeriksaan Pajak

Berikut ini info mengenai Pemeriksaan Pajak yang berupa tujuan pemeriksaan, Hak wajib pajak apabila dilakukan pemeriksaan, pada info seputar...